Sức KhỏeKhông có phản hồi

default thumbnail

6 Film Terbaik Indonesia Kontroversial, Raih Penghargaan Bergengsi

tirto.id – Setiap tahun film-film lokal Indonesia semakin diakui di kancah global. Hal ini membuktikan bahwa industri perfilman Indonesia semakin berkembang. Namun, pihak produksi film tetap menayangkan film ‘Makmum’ di bioskop sesuai dengan jadwal semula. Makmum sukses mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia di Indoensia.

penghargaan film indonesia

Pandemi Covid-19 masih menjadi pertaruhan apakah produksi film, termasuk Hollywood, bisa leluasa melenggang di berbagai bioskop dunia. Nia Niscaya menambahkan penghargaan tersebut juga merupakan bentuk dukungan terhadap industri film di Tanah Air, tidak hanya untuk proses produksinya, tetapi juga ekosistem secara keseluruhan. Penghargaan tersebut untuk kategori Region Promotional Film dengan judul Danau Toba–The Biggest Caldera Lake in the World, dan kategori Eco-tourism Promotional Clip dengan judul Raja Ampat–The King of the Ocean. Hal yang sama juga diyakini Bank Indonesia yang kembali mendapatkan pengakuan internasional di penghujung tahun ini.

Siti merupakan film hitam putih yang berhasil memenangkan Film Terbaik di Festival Film Indonesia 2015. Siti menjadi tulang punggung keluarga semenjak suaminya, Bagus mengalami kelumpuhan akibat melaut. Tari Lengger dilakukan oleh penari pria yang berpakaian dan berperan layaknya wanita. Juno melihat dan mengalami pengalaman alamat lapak21 terbaru yang mengejutkan selama mempelajari Tari Lengger. Satu-satunya film yang mendapatkan penghargaan total di atas lima adalah Mendadak Dangdut.

Selain itu diberikan juga penghargaan untuk Film Dokumenter Terbaik, Film Pendek Terbaik dan Film Animasi Terbaik. FFI juga sering memberikan penghargaan khusus untuk kategori yang berbeda-beda dalam setiap penyelenggaraannya. Pada tahun 1966, mulai diberikan Piala Citra kepada pemenang penghargaan. Piala Citra yang dipergunakan hingga FFI 2007 ini merupakan hasil rancangan dari seniman patung Gregorius Sidharta. Ketika FFI yang semula diselenggarakan Yayasan Film Indonesia diambil alih oleh pemerintah, tahun 1979, Piala Citra pun disahkan oleh Menteri Penerangan Republik Indonesia, Ali Murtopo. Kemudian digantikan dengan maraknya film India, yang menyedot penonton kelas menengah ke bawah.

Sementara bioskop-bioskop kelas satu menolak memutar film-film nasional dan dimonopoli film-film dari Amerika Serikat. Dalam suasana suram begitu, dua tokoh perfilman, masing-masing Usmar Ismail dan Djamaluddin Malik, mempelopori Festival Film Indonesia . FFI sempat terhenti pada tahun 1992, dan baru diselenggarakan kembali tahun 2004. Pada perkembangannya, diberikan juga penghargaan Piala Vidia untuk film televisi. Tak hanya itu saja, film ini juga sukses menorehkan prestasi dengan menempati posisi ke-55 dalam daftar film Inggris terbaik di abad ke-20. Didaptasi dari novel karya Michael Ondaatje dengan judul serupa, The English Patient merupakan film perang yang menceritakan seorang perawat cantik yang merawat ‘English Patient’ selama masa Perang Dunia II.

Daftar Perayaan Penghargaan Festival Film Indonesia

Pengabdi Setan merupakan film horor Indonesia yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar. Film ini sukses membawa pulang 7 kemenangan dari total 13 nominasi di FFI 2017, termasuk Tata Sinematografi Terbaik, Tata Suara Terbaik, dan Tata Efek Visual Terbaik.

penghargaan film indonesia

Kartini bercerita mengenai seorang gadis keturunan ningrat yang berjuang untuk meningkatkan akses pendidikan para wanita di awal tahun 1900-an. Mengangkat tokoh emansipasi wanita Indonesia, Kartini mendominasi FFI 2017 dengan total 14 nominasi, mulai dari Film Terbaik hingga Penyunting Gambar Terbaik. Sebagai bagian dari perayaan Hari Film Nasional, @NetflixID juga sedang bersiap untuk memberikan ulasan lebih mendalam mengenai industri film Indonesia. Pantau terus @NetflixID untuk mengetahui keseruan yang akan hadir pada tanggal 30 Maret.

People’s Choice Awardssunting

Shakespeare in Love juga bisa dikatakan sebagai film budget rendah dengan keuntungan besar karena berhasil meraup keuntungan sebanyak $289 juta dolar lebih dari biaya produksi sebesar $25 juta dolar saja yang telah dikeluarkannya. Digarap oleh sutradara John Madden, Shakespeare in Love merupakan salah satu film yang diangkat dari kisah nyata penulis legendaris, William Shakespeare. Di luar berbagai film paling gagal yang pernah dirilis, ternyata banyak juga lho film-film yang justru mendapatkan penghargaan Oscar terbanyak. Karya Hanung Bramantyo lainnya yang mendominasi FFI adalah Rudy Habibie dengan total 10 nominasi di FFI 2016.

  • Kemudian digantikan dengan maraknya film India, yang menyedot penonton kelas menengah ke bawah.
  • Dalam suasana suram begitu, dua tokoh perfilman, masing-masing Usmar Ismail dan Djamaluddin Malik, mempelopori Festival Film Indonesia .
  • Sementara bioskop-bioskop kelas satu menolak memutar film-film nasional dan dimonopoli film-film dari Amerika Serikat.
  • Ketika FFI yang semula diselenggarakan Yayasan Film Indonesia diambil alih oleh pemerintah, tahun 1979, Piala Citra pun disahkan oleh Menteri Penerangan Republik Indonesia, Ali Murtopo.
  • FFI sempat terhenti pada tahun 1992, dan baru diselenggarakan kembali tahun 2004.

Film yang dibintangi Reza Rahadian ini merupakan prekuel dari film Habibie & Ainun yang mengikuti perjalanan Habibie ketika masih kuliah di Jerman. Bercerita mengenai sebuah keluarga yang terancam oleh keberadaan roh jahat, Pengabdi Setan menyuguhkan horor yang sangat mencekam sehingga menjadikannya salah satu film Indonesia yang terpopuler pada tahun 2017. Pengabdi Setan juga mendapat berbagai pengakuan internasional, termasuk Best Horror Film dan Most Scary Film di Toronto After Dark Film Festival 2018.

Anugerah Piala Vidia

Bercerita tentang Juno, seorang penari lengger yang memiliki sisi maskulin dan feminisme dalam dirinya. Selain itu, di Festival Film Bandung 2019, film ini pun memboyong tiga piala sekaligus untuk Film Bioskop Terpuji, Penulis Skenario Terpuji, serta Penata Artistik Terpuji.

Jakarta – Indonesia mendapatkan penghargaan dari Food Agricultural Organization milik PBB. Penghargaan tersebut diraih karena Indonesia dinilai berhasil mencapai target pertama Millenium Development Goals dalam mengentaskan kelaparan dan kemiskinan serta mengatasi kekurangan gizi sebelum tahun 2015.

Dan semua komponen dari mulai sound, kostum dan lain-lain membangun karakter ini,” ungkap Joko Anwar. JawaPos.com – Keseriusan Joko Anwar dalam mempersiapkan naskah film Perempuan Tanah Jahanam dan mengeksekusinya dengan baik membuahkan penghargaan. Joko diganjar penghargaan sebagai Sutradara Terbaik Festival Film Indonesia yang malam puncaknya digelar di JCC Senayan Jakarta tadi malam Sabtu (5/12). Penyanyi Rizky Febian juga membawa pulang piala MAMA 2020 untuk kategori Best Asian Artist Indonesia. Embi C Noer dan Farida Pasha menerima penghargaan tersebut atas jasanya selama ini yang telah mengabdi dan memajukan dunia sinema Indonesia.

Laskar Pelangi dan Perempuan Berkalung Sorban kembali bersaing dengan lima penghargaan. Sampai saat ini, film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita adalah satu-satunya film yang mendapatkan total nominasi lebih dari 15 nominasi, yaitu enam belas. 2 dengan dua belas nominasi, lalu ada empat film yang bersaing dengan sebelas nominasi. “Tidak akan berhasil sebuah film jika tidak ditopang oleh aktor dan aktris yang luar biasa. Mereka yang believable di depan kamera, tanpa mereka film tidak akan berhasil.

Hãy Là Người Trả Lời Câu Hỏi Đầu Tiên

Thêm Bình Luận